Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 24 Februari 2010

Diserbu Gerombolan Kera, Petani Gagal Panen

AMLAPURA—
Petani buah di Desa Adat Pasedahan, Manggis, Karangasem terancam gagal panen. Pasalnya, ratusan hektar tanaman buah milik desa tersebut diserang hama kera sejak beberapa bulan terakhir. ‘’Semua tanaman buah diserang kera. Petani yang mengerjakan tanah desa tidak mampu berbuat apa-apa’’ujar petani penggarap I Ketut Geria, Rabu (24/2) kemarin.

Tanaman buah milik desa ini digarap oleh 30 orang petani. Tanah desa ini ditanamani berbagai jenis tanaman buah seperti mangga, manggis, pisang dan nenas yang merupakan komoditi unggulan di desa tersebut. Parahnya lagi, kera-kera yang banyak berpindah dari Bukit Gumang selain merusak tanaman buah milik desa juga senang minum tuak warga yang masih dipohonnya. ‘’Nenas maupun buah lainnya semua dimakan kera, demikian juga tuak dihabiskan. Usai minum tuak ditumpahkan’’imbuhnya.

Nyoman Wage, Prejuru desa adat setempat juga mengakui kera banyak menyerang tanaman buah milik desa. Kera ini sekarang tidak mengenal rasa takut. Biasanya, minyak babi yang mampu membuat kera ketakutan sudah tidak diperhatikan lagi.
Melihat hama kera yang banyak merugikan warga sekitarnya, pihaknya mengaku sudah melakukan upacara nangluk merana. ‘’Berbagai upaya sudah kita lakukan seperti menggelar upacara nangluk’’ujar Wage.

Sementara itu, warga yang mulai gerah dengan ulah kera-kera ini juga banyak yang mulai memasang perangkap hingga ada yang memburunya dengan senapan angin.
Akibat ulah kera yang tiada terkendali, yang dirugikan bukan warga semata. Pihak desa adat yang semula mendapatkan upeti lebih dari tanah adat tersebut kini terpaksa harus berhitung. Pihaknya hanya mengambil upeti sebesar 30 hingga 50 persen dari sebelumnya. dek

Tidak ada komentar: