Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 24 Februari 2010

Pencuri Panel PLTS Dibekuk

AMLAPURA—
Setelah enam bulan menjadi tanda Tanya. Panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) warga Dusun Darmaji, Desa Ban, Kubu, Karangasem, yang sempat hilang berhasil ditemukan. Panel bermerk Soreat World bantuan pemerintah pusat yang dipasang dibalai banjar desa setempat ternyata dicuri oleh I Nengah Kesiar (24) yang juga warga dusun setempat.

Meskipun panel yang hilang sangat berguna untuk pembangkit listrik bagi dusun tertinggal tersebut, namun, warga yang dirugikan tidak langsung melaporkannya ke Polisi. Warga berusaha menelusuri sendiri hingga akhirnya Senin (22/2) warga mengetahui barang tersebut berada dirumah Kesiar. Informasi yang dihimpun Rabu (24/2), pelaku kini sudah digelandang ke Mapolsek Kubu beserta barang buktinya.
Sebelum hilang pada 16 Agustus 2009 lalu, panel PLTS ini dipasang pada atap balai banjar. Kadus Dusun Darmaji, I Nengah Radit sediri dalam laporannya baru mengetahui barang tersebut hilang setelah diberitahu oleh warganya, Nyoman Buda. Setelah dicek ke lokasi pemasangan, ternyata laporan tersebut benar. Panel PLTS yang terdiri dari lempengan baterai dan sebuah Accu hilang dari tempatnya. Namun, saat itu, warga sepakat untuk tidak melaporkannya ke Polisi.

Setelah enam bulan berselang, barulah kasus tersebut terungkap. Ketika itu, Senin (22/2) lalu, sekitar pukul 15.00 wita, secara tidak sengaja salah seorang warga menemukan panel yang hilang tersebut di rumah pelaku Kesiar. Sebelumnya, pelaku sempat mengelak tuduhan tersebut, namun, karena barang buktinya nyantel dirumahnya, pelaku mengakuinya. Warga akhirnya menggelandang ke Mapolsek Kubu.
Pahumas Polres Karangasem AKP Syamsul Hayat seijin Kapolres AKBP Heny Harsono dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. ‘’Ya..pelaku kini ditahan. Dalam pemeriksaan dia mengaku sebagai pencurinya’’tandasnya. DEK

Tidak ada komentar: