Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Senin, 14 Februari 2011

19 Buah Pura Menyandang Status Dang Khayangan

AMLAPURA—
Bappeda Karangasem mencatat hanya 19 Pura berhak menyandang status Pura Dang Khayangan. Jumlah ini menciut setelah dilakukan verifikasi. Sebelumnya, pura Dang Khayangan disebutkan berjumlah 177 buah.

‘’Setelah dilakukan verifikasi, yang berhak mendapat status Dang Khayangan hanya 19 pura,’’ujar Ketua Bappeda I Wayan Arthadipa, SH, MH.

Menurut Artadipa, langkah verifikasi ini dilakukan terkait pemberlakuan Perda Provinsi Bali Nomor 16 tahun 2009 tentang RTRW yang menetapkan kawasan suci pada Pura berstatus Sad Kahyangan dan Dang Kahyangan sesuai bisama Parisadha. ‘’Sehingga kami melakukan verifikasi untuk mamastikan pura mana saja yang memang berstatus Dang Kahyangan sesuai ilikita atau dasar lontar yang melandasinya,’’katanya.

Pentingnya melakukan evaluasi terhadap daftar usulan Pura yang berstatus Dang Kahyangan, disebabkan karena ketatnya aturan yang ditetapkan didalam Perda No.16/2009 menyangkut kawasan suci dimana untuk Dang Kahyangan ditetapkan jarak 2 kilometer dan untuk Sad Kahyangan ditetapkan jarak 5 kilometer. Jika digunakan data lama sebanyak 177 pura yang didaftarkan berstatus Dang Kahyangan ditambah sejumlah pura yang berstatus Sad Kahyangan, maka akan sangat sulit bagi Karangasem untuk berkembang karena hampir sebagian besar wilayah di sekitar pura-pura itu harus steril dari aktifitas yang harus diseleksi bertendensi menodai kesucian.

Namun untuk penjabaran Perda mengenai aktifitas apa saja yang dibolehkan dan dilarang didalam area kawasan suci nantinya akan disusun sehingga dapat menjadi acuan umat untuk mengamankan aturan perda. Namun yang pasti sebagaimana dijelaskan Gubernur bali I Made Mangku Pastika dalam simakrama di Karangasem, aktifitas yang tidak dibolehkan adalah yang berisiko menodai kesucian pura apapun bentuk aktifitasnya.

Ke-19 pura yang berhak menyandang status pura Dang Khayangan diantaranya Pura Pajenengan Rendang, Pura Tunggul Besi Rendang, Pura Luhur Bukit Teges Sangkan Gunung, Sidemen., Pura Puncak Sari Talibeng, Sidemen., Pura Taman Sari Badeg Sebudi, Selat., Pura Dukuh Sakti Sebun Sebudi, Selat., Pura Silayukti Padangbai, Manggis., Pura Rambut Petung Pesedahan, Manggis., Pura Bukit Gumang Bugbug, Karangasem., Pura Majapahit Seraya, Karangasem., Pura Burbuahswah Seraya, Karangasem, Pura Bukit, Desa Bukit Karangasem., Pura Pasar Agung Sibetan, Bebandem., Pura Pasar Agung Nangka, Bebandem., Pura Taman Sari Budakeling, Bebandem., Pura Laga Pidpid, Abang., Pura Mekah Tista, Abang dan Pura Bukit Mangu di Kubu. dek

Tidak ada komentar: