Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Selasa, 17 Agustus 2010

Penyandang Cacat Kibarkan Bendera Didasar Laut Tulamben


AMLAPURA--

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-65 berlangsung meriah. Sebanyak 12 orang penyandang cacat dari yayasan Senang Hati melakukan pengibaran bendera merah putih didasar laut pantai Tulamben, Selasa (17/8) kemarin.

Ide pengibaran bendera merah putih didasar laut ini ditelorkan Avandy Djunaidi. Untuk persiapan pengibaran bendera didasar laut sudah dilakukan sejak dua bulan silam.

Penyandang cacat yang mengibarkan bendera merah putih dibawah laut dilatih menyelam oleh Avandy Djunaidi, Fandy Wijaya dan Jaka Adiputra. Mereka dilatih sejak tiga tahun lalu. ‘’Namun efektifnya mereka dilatih sejak dua tahun silam,’’ungkap Avandy seusai kegiatan tersebut.

Menurut Kartika Dewi Suardana, ke-12 orang penyandang cacat saat menyelam untuk mengibarkan bendera merah putih didasar laut masing-masing ada satu pendampingnya. Rombongan pengibar bendera mulai turun menyelam sekitar pukul 10.00 wita. Selain itu, Upacara bendera bawah laut juga diikuti oleh beberapa orang peserta sehingga total yang turut kedasar laut sebanyak 30 orang.

Rombongan penyandang cacat yang mengibarkan bendera didasar laut bertahan sekitar 30 menit dikedalaman 6 hingga 7 meter. Rombongan ini terdiri dari penyandang cacat pria maupun wanita.

Saat kembali kedarat, para penyandang cacat yang sudah sukses mengemban misinya mengibarkan bendera didasar laut Tulamben langsung dipapah oleh pemandunya. Beberapa diantaranya bahkan dibopong. Tidak pelak, pengibaran bendera didasar laut oleh sekelompok penyandang cacat ini mengundang perhatian masyarakat local maupun tourist yang sedang berlibur di Tulamben.

Salah satu penyandang cacat Wayan Aris mengaku sangat senang bisa melakukan pengibaran bendera merah putih didasar laut. Dia mengatakan, ini adalah untuk kedua kalinya dia mengibarkan bendera didasar laut. ‘’Sebelumnya saya ikut mengibarkan bendera didasar laut dipantai Semawang Sanur pada tahun 2008 silam,’’ungkapnya bangga seraya memekikkan salam merdeka. ‘’Seperti mimpi bisa melakukannya,’’tambah penyandang cacat lainnya.

Ketua Yayasan Senang Hati, Ni Putu Suryanti mengatakan, pengibaran bendera merah putih didasar laut pantai Tulamben adalah untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya, aksi serupa pernah dilakukan dipantai Semawang, Sanur. ‘’Keterbelakangan ataupun kekurangan yang dimiliki oleh penyandang cacat tidak akan mengurangi semangat mereka,’’ujarnya. dek.

Tidak ada komentar: