Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Kamis, 13 Mei 2010

Pujawali Pura Lempuyang Diikuti Ribuan Umat Hindu

AMLAPURA—

Puncak pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, Abang, Karangasem, Kamis (13/5) dihadiri ribuan umat Hindu dari berbagai penjuru. Meski sejak pagi diguyur hujan, namun tidak menyurutkan animo masyarakat untuk tangkil dipura stana Hyang Gni Jaya.

Pantauan dilapangan, kendaraan roda empat yang tidak kebagian tempat dilokasi parkir nampak berjejer sekitar satu kilometer dari tempat parkir. Mengingat jalan menuju Pura sangatlah sempit, umat yang akan melakukan persembahyangan harus berjalan kaki sejauh tujuh kilometer atau menumpang bus khusus yang disediakan panitia menuju Pura.

Menurut Ketua Panitia karya, I Putu Aryawan, mengatakan, pujawali di Pura Lempuyang berlangsung setiap umanis Galungan yakni pada Wraspati, Dungulan. Pujawali ini dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada Ida Sanghyang Widi Wasa, sekaligus bentuk permohonan agar selalu dilimpahkan keselamatan dan kemakmuran.

Dalam Pujawali, semua lingkungan Pura dibukit Lempuyang seperti Pura Penataran Agung , Telaga Mas, Pasar Agung, Lempuyang Madya dan Lempuyang Luhur mendapatkan upakara yang sama. Dek.

Tidak ada komentar: