Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 30 Juni 2010

Karangasem-Gianyar Bangun Candi Bentar Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang

AMLAPURA—
Berbagai kelengkapan di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang akan dibangun secara bersama-sama oleh Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Gianyar. Dua Kabupaten ini rencananya akan membangun candi bentar apit lawang pintu Selatan yang merupakan bagian dari areal nista mandala pura Lumajang.

Komitmen pembangunan candi bentar apit lawang pintu selatan Pura dilakukan usai prosesi puncak karya pujawali tanggal26 Juni lalu ditandai dengan penyerahan proposal oleh ketua umum panitia karya DR. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) kepada Bupati Karangasem I Wayan Geredeg dan penyerahan proposal dari Ketua I I Wayan Geredeg kepada Bupati Gianyar Cok Ace.

Menurut Cok Ace, pembangunan kelengkapan parahyangan Pura Mandara Giri Semeru Agung merupakan bagian prasarana penting nista mandala sesuai konsep trimandala pura yang menjadi sentral spiritual umat Hindu nusantara. ‘’Selain memupuk ketebalan srada bakti umat dalam melaksanakan dharma agama juga untuk mewujudkan eksistensi dan estetika panoramik pura sekaligus memberi nuansa aura kesucian dalam melaksanakan upacara agama,’’tegasnya.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg menyambut positif dan mendukung penuh rencana untuk membangun candi bentar apit lawang sebagai bagian dari keseluruhan aspek pisik pura dari sisi estetika maupun kepentingan menambah kesucian pura yang mengacu pada konsep trimandala. ‘’Kami berharap, Kabupaten lainnya di Bali maupun luar Bali juga diharapkan ikut memberikan dana pembangunan kelengkapan Pura,’’ujar Geredeg.

Ditambahkan oleh Jero Mangku Kade Suardika dan Jero Mangku Ketut Surada, Pura Mandhara Giri Semeru Agung, yang berlokasi di Senduro, Lumajang, Jawa Timur merupakan salah satu Pura Kahyangan Jagat di nusantara. ‘’Waktu berdirinya termasuk sangat muda, namun eksistensi dalam peradaban Hindu Siwa termasuk yang paling tua,’’ujarnya. dek.

Tidak ada komentar: