Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 09 Maret 2011

Karya Agung Betara Turun Kabeh di Pura Besakih, Pendakian Ditutup Sementara


AMLAPURA—
Menjelang karya agung Betara Turun Kabeh dan Penyejeg Jagat di Pura Besakih, semua aktifitas pendakian ke Gunung Agung ditutup sementara. Penutupan pendakian dilakukan selama 23 hari mulai tanggal Senin 14 Maret hingga 6 April 2011.

Koordinator guide khusus pendakian gunung Agung I Nengah Madia mengatakan, larangan pendakian diberlakukan untuk menjaga kesucian karena akan dilangsungkan upacara agung Betara Turun Kabeh dan Penyegjeg Jagat yang akan berlangsung pada Purnama sasih kedasa, tanggal 19 Maret 2011. Selain itu juga akan dilakukan melarung pakelem di puncak gunung agung. ‘’Karena akan dilangsungkan karya agung, pendakian menuju Gunung Agung kami tutup sementara. Pendakian akan dibuka kembali setelah prosesi karya selesai,’’katanya.

Bendesa Adat Besakih yang juga Ketua Panitia Karya Wayan Gunatra, didampingi Jro Mangku Widiarta, menambahkan, prosesi Betara Turun Kabeh akan diawali dengan nedunang Ida Betara pada Rabu (16/3) mendatang. Prosesi selanjutnya melasti ke Toya Sah di Desa Muncan, Selat, pada 17 Maret. Selanjutnya, tanggal 18 Maret dilakukan upacara mapepada dan memben pada tengah malamnya. ‘’Keesokan hari baru puncak karya dengan menghaturkan pakelem ke puncak gunung agung,’’katanya. Dalam rangkaian itu, Betara nyejer selama 18 hari mulai tanggal 16 Maret hingga 6 April. ‘’Selama nyejer dilaksanakan upacara nganyarin yang dilaksanakan oleh Pemkab/Pemkot se-Bali secara bergiliran. Untuk itu dihimbau kepada seluruh umat agar memanfaatkan moment karya tahun ini untuk pedek tangkil ke Pura Agung Besakih’’,imbuhnya.dek


Tidak ada komentar: