Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 07 April 2010

Beh, Sapi di TPA Butus Doyan Roti??


AMLAPURA-
Yang namanya sapi, makanan biasanya adalah rumput. Namun kebiasaan tersebut tidak berlaku bagi sapi-sapi yang dilepas diareal tempat pembuangan akhir (TPA) di Dusun Butus, Bebandem, Karangasem. Sapi yang berkeliaran diareal TPA ini juga suka makan sisa roti, sisa makanan restoran, limbah makanan dari pasar, daging, buah termasuk dedaunan.

Menurut pemilik sapi I Nengah Ada, saat tak ada kiriman sampah ke lokasi sapipun emoh makan rumput yang hijau terhampar di lapangan sampah itu. Meskipun terkesan aneh, namun karena kebiasaan sapi yang terbentuk akibat persediaan makanan tersebut membuat sapi-sapi di TPA Butus tidak asing dengan makanan tersebut. Bahkan sapi tersebut nampak gemuk-gemuk.

Sapi-sapi tersebut seakan sudah biasa berbaur dengan pemulung yang mencari limbah plastik dan bahan yang bisa didaur ulang lainnya, termasuk menyatu dengan deru dua alat berat yang bertugas meratakan areal agar tidak selalu menggunung. sapi tersebut idak pernah galak dengan mereka.

Areal TPS Butus saat ini sudah berhasil menanam tumpukan sampah secara merata di areal lapangan dengan tanah untuk nantinya dibalikkan lagi, guna diambil sebagai kompos. Bahkan direncanakan areal TPA akan ditinggikan lagi agar lebih maksimal bisa menampung sampah.

Kondisi TPA Butus memang unik, selain ada ternak sapi, juga ada yang memelihara itik, ikan serta beberapa tanaman produktif lainnya.dek.

Tidak ada komentar: