Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 28 April 2010

Mengintip Angkernya Batu Gede--Pantang Berkata Kotor, Ada Pemandian Bidadari



KEYAKINAN akan tempat angker masih sangat kental dimasyarakat. Perkembangan teknologi yang pesat tidak mampu menembus aura gaib yang tersimpan. Seperti keberadaan sebuah batu besar dibantaran sungai Janga, Lingkungan Paya, Amlapura. Tempat yang berada didekat sebuah kuburan ini diyakini menyimpan misteri gaib.

Batu besar disamping sungai oleh warga disebut Batu Gede. Sesuai namanya, batu ini ukurannya besar dengan besar sekitar 3 meter dan tinggi 2 meter. Oleh warga, batu tersebut dikeramatkan.

Bermagai cerita mistik beredar terkait keberadaan batu tersebut. Menurut salah satu warga, Arya, mengaku, kejadian aneh kerap dialami oleh warga yang melintas disungai tersebut. Sehingga tidaklah mengherankan kalau areal angker disungai tersebut jarang dilewati warga. ‘’Ditempat ini, tidak boleh mengeluarkan kata-kata kasar,’’ungkap Arya.

Dulu pernah kejadian menimpa seseorang yang mencari ikan dilokasi tersebut. Setelah lama menunggu, ternyata keinginannya untuk mendapatkan ikan kandas. Bubu yang dipasangnya berjam-jam hanya disamperi seekor kepiting. Karena kesal, orang tersebut mengumpat lanjut pulang. Setiba dirumah, betapa terkejutnya orang tersebut karena buah zakarnya membengkak sebesar buah kelapa. Atas saran orang pintar, orang tersebut lantas menghaturkan sesajen di batu tersebut dan penyakit aneh yang dialaminya berangsur sembuh.

Kejadian aneh lainnya juga dialami warga lainnya. Saat itu sekitar pukul 12.00 wita, orang tersebut mengaku melihat rangda menyeramkan bersandar di Batu Gede. Kontan saja, petani yang semula hendak berendam langsung kabur. Kejadian aneh lainnya juga pernah dialami warga lainnya seperti keberadaan ayam jago merah dilokasi tersebut.

Selalu Didatangi Kunang Kunang
Dipercaya Sebagai Tempat Permandian Bidadari

Lokasi Batu Gede berada di Sungai Janga. Untuk mencapai tempatnya tidak mudah dan harus melewati sebuah kuburan. Karena dikenal angker, tidak banyak warga yang berani mandi atau melakukan aktifitas di sekitar Batu Gede. Karena penunggu Batu Gede sering berbuat jahil, warga yang mengambil air biasanya mengambil jauh dari lokasi batu berada.

Artawan warga lainnya menceritakan, konon, ketika Gunung Agung meletus, alur sungai ini tertimbun lahar dan Batu Gede hanya tampak setengahnya saja. Beberapa tahun kemudian terjadi banjir besar yang membuat alur sungai semakin dalam. Tetapi anehnya Batu ukuran besar itu tak bergeming, padahal batu-batu besar lainnya hanyut.

Didekat Batu Gede, warga meyakini ada pemandian bidadari. Tempat yang dimaksud mirip seperti kolam alam dengan pilah batu disekelilingnya. Airnya nampak jernih karena tidak pernah dijamah. Saat hari-hari tertentu, ratusan kunang-kunang selalu datang di tempat itu. Warga yang kerap melihat kejadian aneh semakin tidak berani untuk melakukan aktifitas di sekitarnya. Bahkan, seorang warga dikatakan sempat melihat ketimun guling (mentimun dengan ukuran besar) tergeletak diatas Batu Gede. Ketika didekati mentimun tersebut tiba-tiba hilang. dek.

Tidak ada komentar: