Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 21 April 2010

Kembali, Rabies Makan Korban

AMLAPURA-
Wabah rabies kembali makan korban. Sejak ditetapkan KLB Rabies pada Nopember 2009 lalu hingga 6 April 2010, tercatat 14 nyawa melayang oleh penyakit yang disebabkan anjing gila tersebut.

Korban rabies kali ini adalah Ni Nengah Rati (30), asal Dusun Saren kangin, Desa Saren, Bebandem, Karangasem. Korban Korban tewas dalam perawatan di RSUP Sanglah.

Menurut kerabat korban, I Wayab Icen mengatakan, sebenarnya korban sudah digigit anjing pada dua bulan lalu. Ketika itu, korban digigit anjing dirumah tetangganya. Namun, cirri-ciri terserang rabies baru muncul sekitar empat hari lalu. ‘’Korban mengalami kelumpuhan takut air dan sinar,’’ujar Icen yang merupakan ipar korban, Rabu (21/4) kemarin.

Saat baru digigit anjing, diakui tidak ada tindakan apapun yang dilakukan. Apalagi lukanya hanya berupa goresan kecil. Mereka baru sadar terkena rabies setelah demam tinggi menyerang korban. Secara perlahan, tubuh korban melemah hingga akhirnya lumpuh. Mulut korban dikatakan terus mengeluarkan air liur.

Karena kondisi korban semakin parah, pihak keluarga akhirnya membawa korban ke RSUD Karangasem. Pihak RS. Karangasem sendiri tidak mampu menanganinya sehingga merujuknya ke RSUP Sanglah. ‘’Beberapa saat setelah diambil sample darahnya, korban meninggal pada Selasa, dini hari lalu,’’tutur Icen.

Jenazah korban yang meninggalkan dua orang anak ini langsung dibawa kembali ke Karangasem. Karena ada upacara agama didesanya, mayat korban diinapkan di RS. Karangasem dan baru diambil sekitar pukul 04.00 wita, kemarin untuk selanjutnya diaben disetra desa setempat.

Data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Karangasem menunjukkan, angka gigitan anjing 4.312 orang. Per harinya, rata-rata gigitan sebanyak 30-50 orang. dek.

Tidak ada komentar: