Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Selasa, 27 Juli 2010

Dugaan Cikungunya Mengarah Wabah

AMLAPURA—
Dugaan Cikungunya yang terjadi di Desa Ngis, Kecamatan Manggis, Karangasem dan beberapa desa sekitarnya, yang terjadi sejak dua bulan sudah mengarah menjadi wabah. Karena frekuensi penderita terus mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Karangasem dr. IGM Tirtayana, Selasa (27/7) kemarin mengakui, serangan demam panas disertai rasa nyeri yang terjadi di Desa Ngis sudah mengarah menjadi wabah. ‘’Indikasi ini menjadi wabah ada, karena hasil survey menyatakan peningkatan kasus berlangsung sangat cepat,’’akunya.

Menjawab kritikan yang selama ini ditujukan terhadap instansinya, Tirtayana mengaku telah menurunkan survilan untuk memantau perkembangan selama 24 jam.

Menurut Tirtayana, sumber data yang digunakan ada dua yakni Hospital based survilan (HBS) yang didasarkan atas data di rumah sakit atau Puskesmas serta community based survelan (CBS). Namun yang dominan dipakai dalah HBS.

Terkait data dibawah, dia tidak menampik jumlahnya sangat besar. Dikatakan, jika masyarakat ada yang terserang penyakit tersebut harusnya berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit sehingga jumlahnya bisa terdata dengan jelas.

Meskipun hasil cek labolatorium belum keluar dari Jakarta, namun jika melihat dari tanda-tanda klinis yang ditunjukkan oleh penderita, Tirtayana memastikan penyakit tersebut adalah Cikungunya.

‘’Kalau itu Cikungunya, pengobatannya sangat gampang, pasien cukup diberikan obat penurun panas karena dalam obat tersebut sudah mengandung penghilang rasa nyeri dan penurun panas,’’ujarnya. dek.

Tidak ada komentar: