Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Kamis, 22 Juli 2010

Ratusan Derita Demam Panas

AMLAPURA—
Ratusan warga di Dusun Kajanan dan Dusun Kelodan, Desa Ngis, Manggis, Karangasem terserang demam panas yang diikuti rasa sakit pada persendian. Diduga, penyakit tersebut diakibatkan oleh nyamuk Cikungunya yang bisa mengakibatkan lumpuh. Gejala panas yang diikuti sakit pada persendian ini mulai menyerang sejak dua bulan lalu.


Kepala Dusun (Kadus) Kelodan I Gede Suartawan bersama Kadus Kajanan I Nengah Luwes, Selasa (20/7) mengaku, selain menyerang orang dewasa, dugaan penyakit Cikungunya ini juga banyak menyerang anak-anak. ‘’Gejala biasanya dimulai dengan bintik-bintik, tubuh panas dan memerah lalu melemaskan persendian,’’ujar Suartawan seraya mengatakan sempat terserang penyakit tersebut.

Jika panas yang menyerang terlambat dicarikan obat dan suntikan, persendian akan langsung lemas. Warga yang terkena penyakit tersebut sempat membawanya ke dokter maupun ke Puskesmas. Oleh dokter dikatakan, penyakit tersebut merupakan gejala Cikungunya. ‘’Hasilnya ini belum posotif karena hasil cek darah belum keluar, tetapi melihat gejalanya ini diduga akibat Cikungunya,’’tegasnya.

Pihak Puskesmas Manggis II sempat mendatangi dua dusun tersebut untuk memberikan penerangan terhadap warga yang dilanjutkan dengan memberikan bubuk Abate dan melakukan pogging dikedua lokasi terebut. Namun, meskipun telah dilakukan pengasapan, gejala serangan penyakit tersebut tidak menunjukkan adanya penurunan.

Seorang warga Dusun Kelodan, Ni Wayan Surini bahkan sempat mengalami lumpuh selama dua bulan. Namun, kini kondisinya sudah mulai membaik. ‘’Warga kami sempat mengalami lumpuh persendian selama hampir dua bulan karena terlambat membawanya ke Puskesmas,’’ujar Suartawan lagi.

Dikatakan, selama hampir dua bulan gejala dugaan Cikungunya ini, sekitar 125 warga Dusun Kelodan sudah menjadi korbannya. Sementara itu, warga Dusun Kajanan yang terserang sekitar 50 orang.

Sementara itu Manteri kesehatan I Nyoman Reneng yang saat ditemui sedang mengobati salah satu warga lainnya mengatakan, gejala umum yang ditunjukkan oleh penyakit ini biasanya panas yang tinggi. Persendian saat disentuh sedikit biasanya teraa sangat sakit. ‘’Buntutnya kalau tidak segera diobati akan lumpuh,’’pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr Made Tirtayana membantah ratusan warga terserang demam panas. ‘’Jangan menggunakan data dimasyarakat, karena yang dirawat tidak sebanyak itu,’’ujarnya. dek.

Tidak ada komentar: