Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Kamis, 02 Desember 2010

Pengeboran Lempuyang Gagal, Lirik Seraya Timur

AMLAPURA—
Setelah rencana pengeboran Tukad Bangle, Desa Bunutan, Abang, Karangasem yang berada di kaki gunung Lempuyang gagal, tim peneliti Kementerian PU menurut informasi kini mengalihkan perhatiannya ke Tanah Barak, Desa Seraya Timur. Masih seperti dalihnya semula, pengeboran dilakukan untuk menemukan sumber mata air bawah tanah bagi warga.


Terkait rencana pengeboran tersebut, Sekda Pemkab Karangasem Drs. I Nengah Sudarsa, M. Si mengakui rencana pengeboran oleh Kementrian PU diwilayah tersebut. Hanya saja saat ini menurut Sudarsa, rencana tersebut baru tahap permohonan.

Kepada tim peneliti, pihaknya sudah meminta agar sebelum memulai pengeboran melakukan sosialisasi ke masyarakat sehingga tidak timbul permasalahan seperti saat rencana pengeboran diwilayah Panca Datunya Bali (kaki Gunung Lempuyang). Pihaknya dalam menyikapi rencana tersebut juga sudah mengarahkan PU Karangasem agar melaporkan hasil sosialisasi kepada Bupati. ‘’Kalau nantinya Bupati tidak mau menerima hasil sosialisasi, pihak terkait agar jangan mengeluarkan ijin,’’ujar Sudarsa didampingi Kabag Humas Drs. Made Sosiawan.

Menurut Sudarsa, rencana pengeboran di Tanah Barak, Desa Seraya Timur dilakukan untuk menemukan sumber mata air bawah tanah. Air tersebut rencananya ditarik keatas untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat. ‘’Sekarang ini, sosialisasi perlu dimantapkan oleh tim peneliti,’’katanya.

Jelas Sudarsa, Tanah Barak, Seraya tidak masuk kawasan suci sehingga memiliki peluang untuk dibor. Menyinggung soal rencana pengeboran di Lempuyang yang mengalami kegagalan, dia mengaku saat Bupati, Wakil Bupati dating kesana sebenarnya hanya untuk mengikuti sosialisasi yang akan digelar oleh pihak peneliti. ‘’Saat itu kami sama sekali tidak tahu ada rencana pengeboran. Kami waktu itu diundang untuk mengikuti sosialisasi,’’ujarnya meluruskan cerita yang bengkok.

Sebelumnya anggota Komisi IV DPRD Karangasem I Nyoman Sadra mengatakan, kaki Gunung Lempuyang merupakan kawasan suci Panca Datunya Bali. Tanah dikawasan tersebjt diduga memiliki kandungan emas.dek

Tidak ada komentar: