Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Selasa, 09 Maret 2010

19 Jenis Binatang Dilarung Dalam Upacara Labuh Gentuh


RIBUAN umat nampak memadati pantai Jasi, Senin (8/3). Warga desa adat setempat menggelar upacara labuh gentuh menggunakan 19 jenis binatang sebagai pakelem.

Kelian Desa Drs. Wayan Putra Adnyana mengatakan, upacara ini dilakukan sebagai Pamarisudha bumi (pembersihan) sehingga terhindar dari segala bencana seperti tsunami maupun gempa bumi. Upacara ini termasuk sangat jarang dilakukan karena baru dilakukan sekarang sejak setengah abad lalu.

Upacara besar ini dipuput oleh dua sulinggih yakni Pedanda Siwa dan Pedanda Buddha. Pedanda Siwa yang muput yakni Ida Pedanda Gede Pasuruan dari gria Sibetan, dan Ida Pedanda Nyoman Dwadja dari gria Budakeling (pedanda Buddha).

Sementara itu, binatang yang akan dilarung kelaut ada 19 jenis diantarnya kerbau, godel (anak sapi), kambing, anjing, bebek, penyu hijau,angsa, menjangan, petu, babi dan 9 jenis ayam (dari berbagai bulu). Prosesi upacara kian terasa sacral dengan diiringi tari Baris dan tari Rejang Dewa. Usai persembahyangan, berbagai jenis binatang tersebut diarak kebibir pantai untuk selanjutnya dilarung dengan menggunakan jukung (perahu tradisional).dek.

Tidak ada komentar: