Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Sabtu, 13 Maret 2010

Mengintip Indahnya Dasar Laut Pantai Jemeluk


PANTAI Jemeluk merupakan kawasan wisata yang berada di Desa Purwakerti, Abang, Karangasem. Pantai ini terkenal karena keindahan alam bawah lautnya yang kaya dengan keragaman biota laut. Hingga saat ini pantai Jemeluk masih menjadi tujuan utama wisatawan dari berbagai negara, terutama bagi para Diver.

Menurut sejumlah wisatawan, pantai Jemeluk memiliki pesona alam bawah laut yang memikat setelah Bunaken (Manado) maupun Tulamben. Ditempat wisata ini, tumbuh berbagai jenis terumbu karang dan biota laut lainnya.

Jika melihat kearah laut dari atas tebing, kita akan melihat panorama alam yang indah dengan latar belakang gunung agung dan hamparan laut yang luas. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, nama Jemeluk berasal dari kata “Nyeluk” yang artinya teluk. Jadi Jemeluk merupakan sebuah teluk yang indah dengan ombaknya yang tenang tak bergelombang. Bahkan karena airnya yang jernih, wisatawan dapat melihat keindahan terumbu karang dan biota laut yang hidup didalamnya beberapa meter dari atas tebing.

Terumbu Karang dikawasan wisata ini terkenal indah. Para wisatawan cenderung memilih lokasi ini untuk diving karena dikawasan ini banyak terdapat biota laut yang tergolong langka. Dikawasan ini ditemukan ditemukan terumbu karang jenis Aquapora yang merupakan terumbu karang langka dan merupakan jenis terbaru yang hanya terdapat di pantai Jemeluk. Terumbu karang ini memiliki bentuk yang beragam ada yang berbentuk meja, jahu maupun bunga. Selain itu terdapat jenis ikan langka seperti Unibrand, Ikan Pari, Tuna, Hiu bahkan Dolpin maupun Penyu Hijau. Ikan Hiu yang terdapat disini jenis White Tif, Black Tif dan Hiu yang menggunakan tanduk. Ketiga jenis Hiu ini bukan termasuk Hiu ganas dan dapat ditemukan pada kedalaman 25 meter.

Sementara itu, beberapa titik lokasi diving lainnya yang banyak diincar para tourist yakni di Gili Selang (Seraya Timur),. Dilokasi ini ada jenis terumbu berbentuk karpet yang sangat indah. Selain itu Karang Gede maupun Tulamben.
Dikawasan wisata Jemeluk juga terdapat bangkai kapal yang karam. Kini, bangkai kapal Japanes Wreek yang berukuran 14x10 meter ini sudah ditumbuhi terumbu karang dan banyak diminati karena keindahannya.

Ditengah pesatnya perkembangan wisata bahari, isu rusaknya terumbu karang memang menjadi momok yang menakutkan dikalangan pengusaha wisata laut ini. Menurut Suta, kerusakan terumbu Karang yang ada di Jemeluk bukan semata-mata oleh ulah manusia. Kerusakan yang ada sekarang merupakan sisa akibat bom nyasar pada perang dunia II. Namun demikian, kerusakan tersebut mulai berkurang karena tumbuhnya terumb karang baru.

Sementara itu, berbagai upaya dilakukan untuk melestarikannya. Salah satunya dengan dikembangkan terumbu karang buatan yang berbentuk kubus menyerupai piramida. Terumbu karang buatan ini dikembangkan sejak tahun 2000-an.dek.

Tidak ada komentar: