Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Senin, 29 Maret 2010

Puncak Karya Betara Turun Kabeh Diikuti Ribuan Umat Hindu



AMLAPURA-
Puncak pelaksanaan karya upacara Ida Betara Turun Kabeh di Pura Besakih, yang jatuh pada Purnama sasih Kedasa (penanggalan Bali), pada Senin (29/3) diikuti ribuan umat Hindu dari berbagai pelosok. Kemacetan panjang terjadi di ruas jalan menuju Pura terbesar di Bali tersebut.

Ditengah ramainya pemedek pada puncak karya ini, Gubernur Bali Mangku Made Pastika nampak ikut berdesakan dengan pemedek lainnya. Saat prosesi berlangsung, mantan Kapolda Bali ini sempat nyungsung Jempana.

Perseahyangan selain diikuti ribuan umat Hindu juga banyak diikuti oleh wisatawan mancanegara. Mereka duduk dengan rapi menggunakan kamben selanjutkan ikut mebakti berbaur dengan umat Hindu lainnya.

Jro Mangku Suyasa mengatakan, Upacara Betara Turun Kabeh dilakukan di Pura Besakih setiap tahun sekali, tepatnya pada purnama sasih kedasa. ‘’Biasanya Purnama Kedasa jatuh pada bulan April, tapi tahun ini jatuh pada akhir bulan Maret,’’ujar Jro Mangku di Besakih ini.

Demikian Jro Suyasa, sebelum upacara inti Betara Turun Kabeh dilakukan, pada Minggu (28/3) lalu dilaksanakan upacara Mapepada. Upacara Mapepada ini dilakukan untuk menyucikan binatang yang akan dipakai dalam upacara Betara Turun Kabeh. Tujuan lainnya menurut Suyasa, Mapepada dilakukan untuk mendoakan binatang yang akan dipakai kurban, agar dalam penitisan berikutnya lebih baik.

Beberapa binatang yang dipakai kurban dalam upacara ini yakni Kerbau, sapi, kambing, penyu, babi dan ayam. Dalam rangakaian upacaranya, semua Betara distanakan di Balai pesamuan agung. Dalam puncak karya ini, upacara dipuput 30 sulinggih yang bertugas terpencar dikompleks Pura Besakih.

Prosesi upacara juga diiringi sesolahan wali bebali seperti Tari Baris, Rejang Dewa, Wayang Gedogan, Topeng dan berbagai tetabuhan. Betara akan nyejer selama 11 hari. Dengan harapan, pemedek yang tidak bisa tangkil hari ini bisa melakukan persembahyangan selama 11 hari kedepan.dek.

Tidak ada komentar: