Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Rabu, 03 Maret 2010

Pasien DB Overload

AMLAPURA-
Ditengah ramainya serangan wabah rabies (anjing gila), Karangasem dihadapkan dengan permasalahan baru. Penyakit musiman wabah Demam Berdarah (DB) yang disebabkan oleh nyamuk berbahaya ini mulai menyerang. RSUD Karangasem mulai overload pasien rawat inap DB.

Menurut informasi, hingga Rabu (3/3) kemarin, tercatat 59 pasien DB menjalani rawat inap di RSUD Karangasem. Jumlah ini belum terhitung pasien yang harus menjalani rujukan akibat penyakit yang dideritanya masuk level II dan III.

Humas RSUD Karangasem, I Nyoman Wira Karmana, mengakui, jumlah pasien DB yang masuk RS sangat banyak. Pihaknya khawatir, jika kondisi ini tidak mengalami penurunan, ruang rawat inap pasien DB akan overload. ‘’Kami khawatir, kalau pasiennya tidak mengalami penurunan akan kesulitan ruang rawat’’ujar Karmana. Sementara itu, mengingat ruang yang ada terbatas, pihaknya memberikan alternative dengan menaarkan kepada keluarga pasien untuk masuk ruang kelas III atau VIP.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD), dr. Made Supatriasih mengatakan, meskipun pasien DB banyak yang menjalani rawat inap, namun kondisi ini tidak berpengaruh kepada ketersediaan stok darah. Sejauh ini, kebutuhan darah di UTD paling banyak dibutuhkan oleh pasien akibat lakalantas, pasien bersalin dan animea. Menurut Supatriasih, hal ini dipicu karena pasien yang masuk level II dan III langsung di kirim ke RSUP Sanglah. Pihaknya mengaku tidak pernah melakukan transfusi darah pasien DB. ‘’Kalau parah biasanya langsung kita kirim ke Sanglah’’ujarnya. DEK.

Tidak ada komentar: