Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Sabtu, 13 Maret 2010

Kelebutan Tirta Diyakini Mampu Sembuhkan Penyakit

KARANGASEM merupakan kawasan huluning Bali. Berbagai keunikan ada disini. Salah satunya pemandian sumber air Taman Tirta, yang berlokasi di Desa Ujung Hyang, Karangasem. Khasiat Yeh Kelebutan (mata air) ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Air kelebutan yang menyerupai kolam ini keluar dari bawah Pura Taman Beji Tirta. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin merasakan kesegaran airnya.

Jero Mangku Amertha, penjaga pura Taman Tirta ini mengaku tidak berani memastikan air Taman Tirta bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Namun, menurut penuturan warga, yang kerap mandi ditempat tersebut, mengaku sembuh dari penyakit setelah beberapa kali mandi ditelaga tersebut.

Air Taman Tirta sudah menyembul sejak beberapa tahun silam tepatnya setelah Gunung Agung meletus, namun sumber air tersebut kemudian semakin membesar hingga akhirnya dibuka sebagai tempat permandian umum. Oleh sejumlah warga sumber air ini kemudian disucikan, dan banyak pengunjung yang menghaturkan canang sebelum mandi di Sumber Air ini.

Untuk mandi ditempat ini, ada sejumlah pantangan yang tidak boleh dilanggar yakni, larangan bagi perempuan yang sedang datang bulan untuk mandi ditempat ini, dan pengunjung dilarang berkata-kata kasar.

Tempat ini biasanya ramai dikunjungi saat hari raya seperti Umanis Galungan, Umanis Kuningan dan hari besar lainnya. Tempat ini juga menjadi tempat rekreasi alternative. dek.

Tidak ada komentar: