Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Kamis, 07 Oktober 2010

Investor Thailand Lirik Karangasem

AMLAPURA—
Potensi pariwisata Karangasem benar-benar menjanjikan sehingga sangat disukai investor mancanegara. Ketertarikan akan pariwisata Karangasem datang dari investor asal negeri Gajah Putih, Thailand. Mr. Roof menunjukkan ketertarikannya dengan bertemu Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, kemarin.

Geredeg mengatakan, kondisi keamanan Karangasem sangat kondusif. Untuk mendorong pembangunan kepariwisataan, pihaknya mengaku telah melakukan pembenahan dengan melakukan revisi Perda RTRW dan RDTR.

Menurut Geredeg, revisi dilakukan untuk mengakomodir perkembangan dan menjamin keberadaan penanaman modal di Karangasem. ‘’Disamping itu Karangasem juga sudah memiliki brand pengembangkan wisata spiritual yang akan difokuskan pada tiga lokasi yakni Besakih, Desa Tebola, Sidemen dan Desa Budakeling, Bebandem,’’ujarnya.

Untuk investasi dibidang akomodasi wisata Karangasem, investor nantinya dipersilahkan untuk melakukan hunting penelitian pada 3 kawasan wisata yakni Tulamben, Candidasa dan Ujung yang didukung 15 obyek dan daya tarik wisata (ODTW).


Kepala Bappeda I Wayan Arthadipa, menambahkan, dalam mendorong kapasitas investasi masuk ke Karangasem telah dilakukan revisi Perda Nomor 11 tahun 2000 mengenai RTRW dan Perda 6 tahun 2005 mengenati RDTR Candidasa. Hingga kini konsep perubahan yang diajukan sudah memasuki revisi tahap III untuk selanjutnya memperoleh kajian tim BKPRD Bali untuk agar dapat direkomendasikan ke pusat. ‘’Untuk masalah-masalah kepariwisataan yang muncul antara lain kasus Mimba, Padangbai, Pasir Putih serta Daerah Samuh,’’katanya. Mengenai komitmen pelestarian kawasan steril, tetap menjadi prioritas utama untuk dijaga dan dilestarikan sesuai bisama serta kawasan lindung dan persawahan sebagai khasanah daya dukung kawasan yang ideal.dek.

Tidak ada komentar: