Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Sabtu, 02 Oktober 2010

Mutasi Kasek Diduga Bermuatan Politis

AMLAPURA—
Kinerja guru-guru khususnya Kepala Sekolah (Kasek) di Karangasem dikhawatirkan menurun lantaran jauh dari desa asalnya. Kekhawatiran ini disampaikan Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana menyusul mutasi Kasek yang dilakukan Jumat (1/10) kemarin.


‘’Kami takut kinerja guru akan menurun karena jauh dari desanya. Apalagi pada umumnya mereka sudah pada tua,’’ungkap Dana.

Mutasi yang dilakukan terhadap kaum pendidik ini juga dinilai tidak sesuai dengan komitmen Bupati Karangasem I Wayan Geredeg sebelumnya. Dimana saat kampenye Geredeg berjanji akan melakukan mutasi pegawai dengan mendekatkan pada daerah asalnya. Mutasi dilakukan dengan mendekatkan kedaerah asal agar pegawai yang bersangkutan bisa tetap melakukan aktifitasnya seperti ngayah kebanjar maupun mengambil kerja tambahan.

Dana sendiri mengaku baru tahu ada mutasi seperti itu setelah ditelpon oleh beberapa guru yang dipindahkan jauh dari daera asalnya. Dia mencontohkan Kasek yang dipindahkan tidak sesuai komitmen seperti Kasek SDN 3 Purwakerti, Abang I Ketut Neka. Neka dipindahkan ke SDN 4 Seraya. Sedangkan Kasek SDN 4 Seraya sebelumnya dipindahkan ke SD 3 Purwakerti.

Bukan Neka saja yang dipindahkan keujung timur Karangasem. Istrinya yang tidak bisa membawa sepeda motor juga dipindahkan ke SDN 4 Datah di Kalang Sari. ‘’Kalau seperti ii mutasinya jelas akan menurunkan kinerja guru dan akan menambah beban uang transportasi,’’jelas Dana.

Anggota DPRD asal Culik I Nyoman Rai Antara menambahkan, selama ini Neka dikenal baik dan caranya mengatur sekolah sangat bagus. Dijelaskan, hubungan antara Neka dengan komite sekolah selama ini juga berjalan lancer. Baik Dana maupun Rai Antara menduga mutasi yang dilakukan adalah bentuk balas dendam dan penuh nuansa politik.

Terkait keluhan tersebut, rencananya Dewan akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Gusti Ngurah Sweta , Kepala BKD dan lembaga terkait lainnya pada Selasa (5/10) mendatang. Mereka dipanggil untuk dimintai keterangan terkait mutasi tersebut. ‘’Jangan-jangan Bupati justru tidak tahu mutasi ini, makanya kami akan memanggil mereka dimintai alasannya,’’tandas Dana.dek.

Tidak ada komentar: