Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

SELAMAT DATANG DI KUBU JINGGA,BLOG YANG BERISI APA SAJA.

Senin, 13 September 2010

Arus Balik di Pelabuhan Padangbai Sepi

AMLAPURA—
Arus balik penumpang yang menggunakan pelabuhan Padangbai saat H+3 lebaran masih sepi. Tidak terlihat penumpang yang berjubelan seperti saat arus mudik. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan arus balik Lebaran tahun lalu.

‘’Jumlah penumpang hingga H+3 Lebaran masih landai-landai saja. Tidak ada lonjakan penumpang yang terlalu besar,’’ujar Manajer Operasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Padangbai, Eko Yulianto, Senin (13/9) kemarin.

Kondisi ini menurut Eko Yulianto sama seperti arus balik tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah penumpang diakui sangat jarang terjadi saat arus balik. Bahkan jika dibandingkan hari normal biasanya, kondisi penyebrangan hari ini jauh lebih sepi.

Jelas Eko, arus balik sepi lantaran pengguna jasa pelabuhan tidak lagi terkejar waktu untuk sampai ditempat tujuan. Ini berbeda dengan saat arus mudik, dimana pengguna jasa pelabuhan dikejar waktu harus sampai dan berkumpul dengan keluarga saat hari Idul Fitri. ‘’Penumpang saat arus balik mereka tidak dikejar waktu harus cepat sampai dirumah,’’terangnya. Ditambahkan, Kondisi penyebrangan dipelabuhan Lembar juga tidak jauh dengan yang terjadi di Padangbai.

Jika dibandingkan saat arus mudik, jumlah penumpang saat arus balik tidak sebanding. Dalam sehari, saat arus balik jumlah kedaraan yang disebrangkan palingan berkisar antara 200 hingga 300 buah kendaraan dengan jumlah penumpang antara 2000 hingga 3000 orang penumpang. ‘’Berbeda dengan arus mudik, jumlah penumpangnya membludak,’’ujarnya.

Dari H-7 hingga H+1 Lebaran, jumlah penumpang yang sudah disebrangkan melalui pelabuhan Padangbai sebanyak 29.723 orang. Sementara itu, jumlah kendaraan roda dua yang disebrangkan sebanyak 7.692 buah kendaraan dan 3.181 buah kendaraan roda empat. Puncak arus mudik terjadi saat H-2 Lebaran dengan jumlah penumpang yang disebrangkan sebanyak 5.345.

Sementara itu, pantauan dilapangan, pengamanan dipelabuhan Padangbai lebih diperketat dibandingkan saat arus mudik. Kendaraan maupun penumpang yang datang dari luar Bali semua diperiksa dengan ketat oleh jajaran Kepolisian yang diback up TNI serta petugas Pol PP. Para penumpang yang datang semua diperiksa kelengkapan dirinya.dek.

Tidak ada komentar: